Sunday, December 14, 2008

Sheikh Abu Ihsan al-Atsari di Malaysia

Salam wbt.

Untuk pengetahuan tuan/puan, Sheikh Abu Ihsan al-Atsari insya-allah akan tiba dari Indonesia ke Malaysia pada hari Rabu 24-12-08.


Insya-ALLAH beliau dijangka akan menyampaikan kuliah di Akademi Pengajian Al-Faqeh pada hari Khamis 25-12-08. Untuk keterangan lanjut berkenaan program di Al-Faqeh, sila rujuk posting bertajuk Pesanan-Pesanan Terakhir Rasulullah Shallallahu 'alahi wa Sallam.

Insya-ALLAH beliau seterusnya akan berangkat ke Jepun pada hari Sabtu 27-12-08 melalui penerbangan pada sebelah petang.

Maka, buat masa ini, beliau insya-ALLAH memiliki kelapangan masa pada hari Jumaat dan Sabtu pagi.

Untuk itu, mana-mana pihak yang berminat untuk menjemput beliau mengadakan kuliah atau sebarang program, anda boleh hubungi Bro Jamalulhudha di talian 019-2086024.


Pepatah melayu ada menyebut, tak kenal maka tak cinta kan?

Untuk, marilah kita berkenalan dan meneroka siapakah gerangannya Sheikh Abu Ihsan al-Atsari?


Seorang pendakwah yang bergiat aktif di banyak negara seperti Jepun, Amerika, Australia, Malaysia, dan terutamanya Indonesia. Juga seorang yang mengetuai barisan panel penterjemahan kitab-kitab induk di bawah Penerbit Pustaka Imam asy-Syafi'i. Juga aktif bersama beberapa pustaka yang lain seperti Pustaka an-Naba' dan Pustaka at-Tibyan.

Di antara kitab-kitab besar yang telah beliau terjemahkan adalah seperti Tafsir Ibnu Katsir (oleh Imam Ibnu Katsir), al-Ibanah al-Ushul ad-Diyanah (Kitab Milik Imam Abu Hasan al-Asy'ary), serta banyak lagi kitab-kitab yang selainnya yang kini telah menjelajah ke segenap pasaran utama di serata Indonesia dan Malaysia.


Kini, antara projek penterjemahan besar yang sedang giat beliau jalankan bersama Pustaka Imam asy-Syafi'i adalah menterjemahkan Kitab besar milik al-Hafiz Imam Ibnu Hajar al-'Asqalani (tokoh besar dalam bidang fiqh dan hadis Mazhab asy-Syafi'i), iaitu kitab Fathul Bari, Syarah kepada Shahih al-Bukhari)

Di antara kita yang telah beliau karang dan terjemahkan ialah;








Biodata ringkas beliau;

Biografi

Nama: Abu Ihsan Meidi Eka Ginardi bin Ahmad bin Asral Al-Maidani Al-Atsari.

Lahir: Langsa, 30 Mei 1971

Alamat Sekarang: Jl. Karya Darma Gg. Sahabat No. 1 Kel. Pangkalan Masyhur Kec. Medan Johor.

Jenjang pendidikan:

Pendidikan umum:
- TK Taman Siswa Medan.
- SD 5 Jl. Medan Area Selatan Medan (lulus tahun 1984).
- SMP 4 Pasar Merah Medan (lulus tahun 1987).
- SMA 5 Jl. Pelajar Teladan Medan (lulus tahun 1990).


Pendidikan agama:
- Mulazamah (Berguru) dengan Abu Abdillah Al-Makki di Pakistan tahun 1991-1992 M.
- Jami'ah Uluum Al-Atsariyah Jehlum Pakistan (lulus tahun 1415 H), mulazamah (berguru) dengan Syeikh Hafizh Tsanaaullah Az-Zaahidi dari tahun 1413 H sampai tahun 4/6/1415 H, dan memperoleh ijazah riwayat hadits dari Syeikh Az-Zaahidi.
- Jami'ah Daarul Uluum Baltistan Ghawari, lulus dengan derajat mumtaz (cum laude) tahun 1417 H – 1996 M.

Judul tesis: "Sa'adatid Daarain, Fii Itsbaati Shifatil Yadain, Li Rabbits Tsaqalain" (Penetapan sifat dua tangan bagi Allah Subhanahu wa Ta'ala)
Menamatkan pembacaan kitab Shahih Al-Bukhaari dan Muslim bersama Syeikh Abdurrasyid An-Nadwi, Syeikhul Hadits di Jami'ah Daarul Uluum dan mufti Ahli Hadits di wilayah Baltistan.

Terjemahan dari teks ijazah periwayatan hadits dari Syeikh Hafizh Tsanaaullah Az-Zaahidi:


Bismillahirrahmaanirrahim
Segala puji hanyalah milik Allah semata, kami memuji-Nya, memohon pertolongan kepada-Nya, memohon ampunan kepada-Nya, beriman kepada-Nya dan bertawakkal hanya kepada-Nya semata. Kami berlindung kepada Allah dari keburukan diri kami dan dari kejelekan amal kami. Barangsiapa yang Allah beri hidayah maka tiada seorangpun yang dapat menyesatkannya dan barangsiapa yang disesatkan oleh-Nya maka tiada seorangpun yang dapat memberinya hidayah.

Aku bersaksi bahwa tiada ilah yang berhak disembah selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya. Shalawat dan salam semoga terlimpah atas beliau, keluarga beliau, dan sahabat-sahabat beliau yang suci dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik sampai hari kemudian kelak.

Wa ba'du:
Hamba yang fakir kepada Allah Yang Maha Tinggi Hafizh Tsanaaullah Az-Zaahidi –semoga Allah menerima taubatnya dan merahmati kedua orang tuanya- berkata:
Sesungguhnya Al-Akh Al-Fadhil Abu Ihsan bin Ahmad bin Sugiat Al-Induuniisi, telah hadir dalam majelisku ketika aku menjadi guru di Jami'ah Al-Uluum Al-Atsariyah di kota Jehlum tahun 1411 H. Ia membacakan kepadaku kitab ilmu dan iman dari buku Misykatul Mashaabih, kitab Thaharah dari buku Sunan Ibnu Majah, kitab Adzan dan Shalat dari buku Sunan Abu Dawud, kitab Nikah dari buku Jami' At-Tirmidzi, Mukaddimah Shahih Muslim dan beberapa bab dari kitab Shahih Muslim, dan kitab Shahih Al-Bukhaari dari kitab awal sampai kitab Al-Janaaiz. Kitab Syarhun Nukhbah tulisan Imam Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalaani, Talkhis Ushul dan Taisir Ushul tulisan hamba yang fakir (Hafizh Tsanaaullah Az-Zaahidi) dan beberapa bab dari kita Nuurul Anwar tulisan Mulaa Jiiyuun Al-Hanafi dengan pembacaan yang disertai dengan pembahasan dan tahqiq, bersama sejumlah sahabat-sahabatnya.


Dan karena meminta ijazah riwayat merupakan manhaj yang telah ditempuh oleh generasi pertama dan berjalan di atas manhaj ini generasi mutaakhirin dengan syarat-syarat yang mu'tabar, maka al-akh tersebut meminta kepadaku ijazah ammah, karena baiknya persangkaan terhadapnya, meskipun aku bukanlah yang pantas untuk itu. Dan untuk menyambut permintaannya, dan untuk mengikuti manhaj Salafus Shalih dari kalangan ulama dan muhadditsin, dengan taufiq Allah aku katakan:

Sungguh aku telah memberikan izin kepada As-Sayyid Al-Fadhil tersebut untuk meriwayatkan dariku apa yang telah ia bacakan kepadaku dan apa-apa yang boleh bagiku untuk meriwayatkannya berupa buku-buku hadits, fiqh, ushul dan tafsir dari masyaaikhku yang mulia, mereka adalah:

1) Al-Allamah Al-Imam Al-Mujtahid Abul Barakaat Ahmad bin Ismail rahimahullah rahmatan waasi'ah, dan beliau adalah panutan dalam ilmu dan ketakwaan, semoga Allah melimpahkan pahala untuknya dan memuliakan kedudukannya.
Dan beliau meriwayatkannya dari syeikhnya, Imam Abul Fadhl Muhammad bin Fadhluddin Al-Jundulaawi dari syeikhnya, Al-Hafizh Al-Mutqin Abdul Mannan Al-Wazir Abaadi, dan beliau meriwayatkannya dari Syeikhul Hind Asy-Sayyid Nadzir Husein Ad-Dahlawi, dari syeikhnya, Al-Imam Asy-Syaah Muhammad ishaq Ad-Dahlawi, dari Asy-Syaah Abdul Aziz dari ayahnya, musnad pada zamannya, Asy-Syaah Waliyyullah Ahmad bin Abdurrahim Ad-Dahlawi. Beliau memiliki naskah sanad yang sudah dicetak dengan judul Ithaafun Nabiih.

2) Asy-Syeikh Al-Allamah Al-Imam Ar-Rabbani As-Sayyid Abu Muhammad Badi'uddin Syaah Ar-Raasyidi As-Sindi, beliau meriwayatkannya dari masyaikhnya yang mulia, Al-Muhaddits Al-Mufassir Hujjatullah Syeikhul Islam Abul Wafa' Tsanaaullah Al-Amritsaari, dan Syeikh Al-Muhaddits Abu Sa'id Syarafuddin Ad-Dahlawi, dan Al-Hafizh Al-Allamah Abdullah Ar-Rubrami, dan Al-Muhaddits Syeikhul Ajam wal Arab, Abu Muhammad Abdul Haq bin Abdul Wahid Al-Hasyimi, mereka meriwayatkannya dari Syeikhul Hind As-Sayyid Nadzir Husein Ad-Dahlawi.
Dan perincian masyaikh beliau yang lain disebutkan dalam naskah sanad yang berjudul Munjid Al-Mustajiiz.


3) Syeikh Al-Allamah At-Taqi Al-Wari' As-Sayyid Muhibbullah Syah Ar-Rasyidi As-Sindi rahimahullah, beliau meriwayatkannya dari masyaikhnya, Al-Muhaddits Al-Hafizh Abu Sa'id Syarafuddin bin Imamuddin yang dikenal dengan sebutan Imam Najsy Al-Gujraati Ad-Dahlawi, dan ia meriwayatkannya dari syeikhnya, Al-Allamah Al-Muhaddits Al-Ushuli Muhammad Basyir Al-Haswaani, dan Al-Hafizh Abu Turab Abdul Wahhab As-Sahaarawi, dan Al-Muhaqqiq Abu Muhammad Abdul Haq Al-Hasyimi, ketiga-tiganya meriwayatkan dari Al-Mujtahid Al-Imam Syeikh Hind Nadzir Husein Ad-Dahlawi.
Dan beliau juga meriwayatkan dari syeikhnya Al-Muhaddits Al-Imam Abu Thayyib Muhammad Athaa'ullah Haniif Al-Fuujiyaani, ia meriwayatkannya dari syeikhnya Al-Imam Abu Muhammad Abdul Jabbar Al-Jaifuuri, dan dari Syeikh Al-Hafizh Abu Turab Abdut Tawwab Al-Multaani, seluruhnya meriwayatkan dari Syeikhul Ajam wal Arab As-Sayyid Nadzir Husein Ad-Dahlawi.
Dan Syeikhb Abdut Tawwab Al-Multani memiliki ijazah riwayat dari Muhaddits negeri Syam Muhammad Raghib Ath-Thabbakh Al-Halabi Asy-Syaami rahimahullah dan ia memiliki naskah sanad yang berjudul Al-Anwar Al-Halabiyah fi Mukhtashar Al-Atsbaat Al-Halabiyah, naskah ini sudah dicetak.

4) Syeikh Al-Hafizh Faidhur Rahmaan bin Dilawaar Al-Qashraani Ats-Tsauri, ia meriwayatkannya dari syeikhnya Al-Imam Abu Turab Abdut Tawwab Al-Multaani dari As-Sayyid Nadzir Husein Ad-Dahlawi. Dan juga dari Al-Imam Ahmad bin Abdurrahman Al-Banna' yang ma'ruf dengan sebutan As-Saa'aati Al-Mishri penulis buku Al-Fathur Rabbani.

5) Syeikh Al-Allamah Abu Sa'id Abdul Aziz bin Al-Haaj Al-Qari Fath Muhammad Az-Zubeidi dari syeikhnya Al-Hafizh Ahmadullah bin Al-Haaj Al-Qari Amirullah Ad-Dahlawi, dan dari syeikhnya Al-Imam Abu Turab Abdut Tawwab Al-Multaani, keduanya meriwayatkan dari As-Sayyid Nadzir Husein Ad-Dahlawi.

6) Syeikh Muhammad bin Al-Amin Abu Khubzah Al-Huseini Al-Maghribi (aku telah bertemu beliau dalam rihlah ilmiyahku yang pertama ke negeri Maghrib di Tathawan tahun 1412 H), ia meriwayatkannya dari Al-Hafiz Al-Mujtahid Abul Faidh Ahmad bin Muhammad bin Ash-Shiddiq Ath-Thabkhi Al-Ghumaari Al-Maghribi, dan naskah sanadnya berjudul Al-Mu'jam Al-Wajiz lil Mustajiiz, naskah ini sudah dicetak.

7) Syeikh Shubhi AS-Saamiraai, ia meriwayatkannya dari para masyaikhnya yang mulia, mereka adalah:

1- Al-Allamah As-Sayyid Abdul Karim bin As-Sayyid Abbas Al-Huseini Al-Azji As-Suikhali, ia meriwayatkannya dari syeikhnya Al-Allamah Al-Imam Nu'man Khairuddin Al-Aluusi dan Al-Allamah As-Sayyid Syakir Al-Aluusi, dan Imam Mahmud Syukri Al-Aluusi dan Al-Muhaddits Yusuf Abu Ismail Al-Khanfuuri Al-Hazaarawi, dan dari Al-Allamah Husein bin Muhsin Al-Yamani, dan dari Muhaddits Al-Jami' Al-Umawi Damaskus As-Sayyid Al-Mujtahid Badruddin Al-Hasani, mereka seluruhnya memiliki naskah.

2- Al-Allamah Muhaddits Diyaar Mishriyah As-Sayyid Muhammad bin Salim Al-Huseini yang ma'ruf dengan sebutan Al-Hafizh At-Tijaani, ia meriwayatkannya dari Hafizhul Maghrib Muhammad bin Abdul Hayyi Al-Kattani dan selain mereka.

3- Al-Hafizh Al-Imam Ubeidullah bin Abdus Salam Ar-Rahmaani, ia meriwayatkan dari Imam Ahlu Hadits di daratan India, Abdurrahman Al-Mubarak Fuuri, naskahnya yang berjudul Al-Maktub Al-Lathif telah dicetak.

4- Al-Allamah Al-Muhaddits Al-Adib As-Sayyid Syakir bin As-Sayyid Mahmuud Al-Badri As-Saamiraai, ia meriwayatkan dari Al-Allamah Al-Imam Muhammad Habibullah
Asy-Syanqiithi, yang sempat berdomisili di Kairo, naskah sanadnya sudah dicetak.

5- Al-Allamah Al-Muhaddits Muhammad Asy-Syadzili An-Naifar, ia meriwayatkannya dari ayahnya Al-Allamah Abu Hafsh Sayyid Umar bin Syeikh Mufti negeri Tunisia, dan naskah sanadnya juga sudah dicetak, ia meriwayatkannya dari syeikhnya Al-Allamah Ath-Thahir bin 'Asyuur dan lainnya.

Aku mewasiatkan kepadanya agar selalu bertakwa kepada Allah dan senantiasa berdzikir mengingat-Nya azza wa jalla. Dan agar bangkit menyebarkan kebenaran semata-mata berharap kepada Allah dan mengikhlaskan agama untuk-Nya, tidak takut celaan orang-orang yang suka mencela dan orang-orang yang suka menghujat. Semoga Allah memberikan taufik kepadaku dan kepadanya kepada apa yang dicintai-Nya dan diridhai-Nya dari amal-amal shalih, Dialah pelindungku dan sebaik-baik penolong.

Ditulis langsung dengan tangannya,
Al-Abdul Faqir ilallah
Hafizh Tsanaaullah Az-Zaahidi
4/6/1415 H


Inilah ijazah hadits yang beliau peroleh dari guru beliau, Hafizh Tsanaaullah Az-Zaahidi. Diantara karya Syeikh Tsanaaullah Az-Zahidi:
1- Taisir Ushul fi Ilmi Ushul Fiqh.
2- Taujihul Qaari ilal Qawaaid wal Fawaaid Al-Ushuliyah wal Haditsiyah wal Isnadiyah fi Fathil Baari, buku ini telah dicetak bersama dengan Fathul Bari karya Ibnu Hajar Al-Asqalaani.
3- Tahqiqul Ghayah fi Tarajim Ruwat fil Kitab Nashbur Rayah.
4- Nahwud Dilaalah.
5- Talkhisul Ushul.
Dan beberapa buku-buku lainnya.

Aktifitas beliau:
- Aktif berdakwah di beberapa kota di Indonesia dan Malaysia.
- Aktif mengikuti daurah syar'iyyah (tahun 2001 – 2008) yang diisi oleh para masyaikh dari Yordania, murid-murid Syeikh Muhaddits negeri Syam Muhammad Nashiruddin Al-Albaani, diantaranya: Abul Harits Ali Hasan Ali Abdul Hamid Al-Atsari Al-Halabi, Abu Usamah Salim bin 'Ied Al-Hilali, Muhammad Musa Ali Nashr dan Masyhur Hasan Salman. Dan daurah syar'iyyah keenam (tahun 2006) yang diisi oleh Syeikh Ibrahim Ar-Ruhaili dan Syeikh Sulaiman bin Salimullah Ar-Ruhaili. Dalam daurah ini Syeikh selesai mensyarah kitab Ushulus Sunnah tulisan Imam Ahmad.
- Aktif menulis di Majalah As-Sunnah Solo, beberapa judul tulisan tersebut diantara merupakan bantahan terhadap Ikhwanul Muslimin, Hizbut Tahrir, Jama'ah Tabligh, dan bantahan terhadap pemikiran dan amalan yang menyimpang seperti dzikir jama'ah, fiqh waqi', demokrasi, bid'ah hasanah dalam Islam dan lain sebagainya.
- Aktif menerjemahkan buku-buku salaf dan ulama-ulama terkini, sampai
sekarang lebih dari seratus lima puluh judul buku telah diterjemahkan, diantaranya:

1. Jama'ah-jama'ah Islam yang menyimpang karya Syeikh Salim bin 'Ied Al-Hilali
2. Tasawwuf, bualan kaum sufi ataukah sebuah konspirasi? karya Ihsan Ilahi Zhahir
3. Ensiklopedi larangan syariat, karya Salim bin 'Ied Al-Hilali
4. Ensiklopedi Adab Islami, karya Abdul Aziz Fathi Sayyid Nidaa
5. Buku putih Abul Hasan Al-Asy'ari (Al-Ibanah 'An Ushulid Diyaanah) karya Abul Hasan Al-Asy'ari
6. Al-Jadid fi Syarh Kitab Tauhid karya Abdul Aziz Al-Qar'awi
7. Manhajus Salikin (Pedoman Fiqh Praktis) karya Syeikh Abdurrahman As-Sa'di
8. Shahih Fiqh Sunnah karya Abu Malik Kamal As-Sayyid
9. Syarah Bulughul Maram karya Shafiyurrahman Mubarakfuuri (belum terbit)
10. Durruts Samin (ikhtishar kitab Riyadhus Shalihin) karya Abdul Aziz Sa'ad Al-'Utaibi
11. Tafsir Juz Amma karya Syeikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
12. Tuntunan Lengkap Shalat Berjama'ah tulisan Dr Shalih bin Ghanim As-Sadlan
13. Tahdzib Sirah Ibnu Hisyam karya Abdus Salam Harun
14. Tahdzib Al-Bidayah wan Nihayah karya Dr Muhammad bin Shamil As-Sulami
15. Madarikun Nazhar (edisi Indonesia: Pandangan Tajam Terhadap Politik & Bolehkah Berpolitik) tulisan Syeikh Abdul Malik Ar-Ramadhaani
16. Umdatut Tafsir ringkasan tafsir Ibnu Katsir tulisan Ahmad Syakir
17. Mishbahul Munir tulisan Shafiyyurahman Mubarakfuri
18. Aisarut Tafaasiir Tafsir Ibnu Katsir (terbitan Pustaka Imam Asy-Syafi'i)
19. Fathul Baari (sedang dalam proses penerjemahan).
Dan masih banyak yang lainnya.

- Juga aktif menulis buku, diantaranya:
1. Ringkasan Tuntunan Shalat Berjama'ah.
2. Renungan Ramadhan.
3. Doa-doa di Bulan Ramadhan.
4. Tuntunan I'tikaf Menurut Sunnah Nabi.
5. Doa Anak Shalih Kepada Orang Tuanya.
6. Wanita Haidh Tidak Terluput Dari Pahala.
7. Bincang-bincang seputar Yasinan, Tahlilan dan Mauludan.
8. Nasihat Kepada Muslimah (buku ini)


- Buku yang sedang dikerjakan:
1. Syarah Bulughul Maram.
2. Kaidah-kaidah memahami as-Sunnah, pedoman praktis ilmu hadits.
- Pernah mengajar di Pondok Pesantren Jamilur Rahman Bantul Yogyakarta dari tahun 1996 sampai tahun 2000 M.
- Sekarang mengelola Lembaga Pendidikan Ilmu Bahasa Arab dan Ilmu Syar’i Ulun Nuha di Medan.

Dakwah dan majelis taklim beliau:
1. Membahas kitab Enskiklopedi Larangan Syariat, di Masjid Al-Muslimin Jl. Sun Yat Sen, Ahad pagi jam 9.00 (sekarang membahas kitab Ushulus Sunnah Imam Ahmad yang beliau ikuti bersama Syeikh Ibrahim Ar-Ruhaili)
2. Membahas kitab Durruts Tsamin Mukhtashar Riyadhus Shalihin, di Masjid Al-Amin Jl. Serdang, Jum'at malam sesudah shalat Maghrib
3. Membahas kitab Shahih al-Bukhaari kitab al-Fitan, di Masjid al-Mukhlisin Jl. Karya Jaya Gg. Eka Wali Pribadi, Senin Malam Selasa sesudah shalat Maghrib.

No comments: